Monday 23 November 2015

Tips Mengajari Cara Cuci Tangan yang Benar Kepada Anak


Mengetahui manfaat besar dibalik aktivitas kecil cara cuci tangan dengan benar membuat banyak orang mulai membiasakannya. Bahkan hampir sebagian besar para orangtua sudah mengajari tata caranya kepada anak-anak sejak masih berusia dini. Hal ini memang tepat jika dilakukan sebab membiasakan kebiasaan baik ini membutuhkan kesadaran. Munculnya kesadaran akan lebih mudah dan tepat ketika dikenalkan kepada anak-anak yang masih relatif muda.

Namun, mengajari anak seputar cara mencuci tangan dengan benar dan teratur ternyata tidak selalu mulus atau mudah. Bagi para orangtua yang kebingungan dengannya, maka berikut tips mengajari anak agar terbiasa mencuci tangan:

  • Awali dengan teladan baik Setiap anak akan meniru segala tingkah laku orangtuanya, maka upayakan untuk selalu memberikan contoh perilaku yang positif. Mengajari anak akan lebih efektif jika lebih menekankan kepada praktik langsung, kemudian dijalankan oleh pemberi nasehat itu sendiri, yakni orangtua. Maka awali menanamkan kebiasaan baik ini dengan memberikan teladan atau contoh sehingga anak tanpa beban menirunya dan menjadikannya sebagai kebiasaan pula
  • Berikan pemahaman tentang manfaat mencuci tangan, Rasa ingin tahu kerap menghampiri sosok anak-anak, mereka sukar menerima tanpa adanya alasan kuat mengapa harus melakukan sesuatu. Termasuk untuk mengajarkan kebiasaan-kebiasaan yang bermanfaat bagi anak tersebut, salah satunya mencuci tangan. Membantu memudahkan anak membiasakan mencuci tangan maka berikan pemahaman terkait manfaat yang bisa diperoleh. Kenalkan dengan lebih mendetail agar anak-anak lebih mudah menyerap ilmu yang baik ini tanpa ada bentuk penolakan. Utarakan sembari bercanda agar anak menikmati setiap moment kebersamaan dengan orangtua dan kebiasaan baik mudah ditularkan.
  •  Lakukan pengawasan, Terkadang Kita akan menjumpai anak-anak yang mudah merasa bosan dengan aktivitasnya, termasuk untuk mencuci tangan secara teratur. Maka usahakan mengajari kebiasaan baik ini dengan jalan mendampingi anak tersebut. Lewat pendampingan maka akan menekan kemungkinan anak lalai dan mencuci tangan dengan tata cara yang keliru. Mendampingi anak juga akan mendekatkan hubungan emosional Anda dengan buah hati, maka tanamkan kebiasaan cara cuci tangan dengan benar kepada anak. 


No comments:

Post a Comment