Sunday 3 January 2016

Tips Memilih Speaker Multimedia Agar Sesuai dengan Harga Speaker


Speaker memiliki berbagai macam jenis dan salah satunya adalah speaker multimedia. Biasanya terdapat 3 komposisi speaker yang banyak ditemui di pasaran yaitu 2.1, 5.1, 7.1. Angka pertama menunjukkan speaker satelit dan angka setelah titik adalah jumlah subwoofer. Harga speaker yang ada di pasaran juga berbeda tergantung pada kualitas suara yang ditawarkan. Semakin baik subwoofer maka harga akan menjadi semakin lebih mahal karena akan menghasilkan kualitas suara yang lebih bagus.

Sebelum Anda menentukan speaker yang akan Anda beli, pertama pastikan terlebih dahulu tujuan Anda dalam penggunaan speaker tersebut apakah untuk mendengarkan musik, melihat film seperti untuk tambahan dalam home theater atau untuk bermain game. Jika Anda ingin menggunakannya untuk mendengarkan music, Anda dapat memilih speaker dengan 2 kanal tanpa subwoofer sehingga suara yang dihasilkan akan lebih terdengar. Jika untuk game atau film, Anda dapat memilih speaker minimal 2.1 channel speaker.

Harga terbaru speaker yang harus Anda bayarkan ketika membeli dipengaruhi pada box speaker atau enclosure yang digunakan. Sebaiknya pilih encloser dari bahan dasar kayu daripada bahan plastik karena kayu mempunyai efek untuk dapat meredam resonansi yang lebih baik. Akan tetapi, jika hanya terdapat speaker dengan encloser dari plastik, Anda dapat menambahkan sendiri peredam seperti glasswool atau rockwool di dalam enclosur.


Namun, ketika Anda membeli speaker, jangan tergiur dengan harga speaker yang ditawarkan oleh Anda namun tidak sesuai dengan keadaan speaker. Misalnya dilihat dari watts yang besar, walaupun speaker tersebut memiliki tingkat kekerasan suara yang mungkin lebih keras dari jenis lainnya namun tidak menjamin sensitivity speaker. Sehingga, jika Anda memilih speaker multimedia yang memiliki kualitas suara yang baik, sebaiknya hindari speaker dengan built in amplifier. Selain itu, hindari pemilihan speaker dengan menggunakan kabel panjang untuk dapat mengontrol volume karena dapat mempengaruhi suara yang disebabkan kabel yang menjadi sumber noise atau suara yang mengganggu. Pilih speaker dengan balance connector daripada unbalance connector untuk suara yang lebih bagus.

No comments:

Post a Comment